Monday, January 10, 2011

Mobil Listrik Peugeot EX1 Bisa Lari Secepat Lamborghini


SICHUAN- Anggapan mobil listrik tak bisa diajak negbut sepertinya kini pupus. Bebebrapa produsen mobil di dunia telah membuktikan keberhasilan membangun sportcar electric.

Kini kabar kecanggihan terbaru sebuah teknologi mobil listrik (electric vehicle/EV) datang dari pabrikan Perancis, Peugeot.

Lewat Peugeot EX1, produsen berlambang singa itu membuktikan bahwa mobil listrik juga bisa diajak ngebut layaknya Ferrari maupun Lamborghini.

Bandara militer Chengdu di Sichuan, China telah berhasil menjadi saksi kehebatan mesin listrik EX1. Sportcar listrik Peugeot itu sukses berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 3,49 detik. Demikian dilansir dari Worldcarfans, Jumat (16/12/2010).

Catatan waktu itu sekaligus menjadikan sopir penjelajah dari Perancis, Nicolas Vanier yang mengemudikan EX1 berhak menyandang rekor baru sebagai pengemudi mobil listrik tercepat.

Kekuatan EX1 berasal dari dua motor listrik yang diusungnya. Motor listrik itu mampu menghasilkan total output tenaga 335 hp dengan torsi puncak 480 Nm.

Menggunakan sistem penggerak roda all-wheel-drive, suspensi depan EX1 memakai double wishbone sementara untuk bagian belakang dipilih swingarm yang biasanya familiar ditemukan pada sebuah sepeda motor.

Suspensi jenis ini dirasa masih mumpuni mengingat mobil dibuat dari bahan serat karbon yang ringan tapi kuat.

No comments:

Post a Comment