Monday, January 10, 2011

Lamborghini Hadirkan Gallardo yang Lebih Ringan

text TEXT SIZE :  
Share
Edo Permanadhita - Okezone
BOLOGNA- Nampaknya segmen mobil sport dengan atap terbuka semakin menarik, sehingga membuat beberapa pabrikan besar seakan berlomba-lomba ikut membuat mobil dengan jenis atap seperti itu.

Setelah VW memperkenalkan EOS convertible, Chevrolet dengan Camaro nya, kini giliran pembuat mobil eksotis asal Italia, Lamborghini membuat versi atap terbuka pada model Gallardo.

Pembuat mobil yang berbasis di Sant'Agata Bolognese, Italia ini akhirnya melrilis mobil eksotis terbaru mereka, Lamborghini Gallardo LP570-4 Spyder Performante.

Mobil terbaru ini sebenarnya dibuat berdasarkan Gallardo LP560-4 Spyder, namun kali ini Gallardo Spyder Performante dibuat secara khusus oleh para insinyur Lamborghini agar dapat memiliki bobot yang lebih ringan. Padahal sebenarnya LP560-4 spyder sudah cukup ringan.

Sementara beberapa pembuat mobil lain menghindari usaha tersebut, karena berpikir bahwa memenggal berat kendaraan adalah sesuatu yang mustahil.

Justru pabrikan berlogo banteng itu membuktikan apa yang dianggap mustahil, terbukti, mobil Gallardo Spyder performante berhasil mengurangi berat mobil hingga 65 kg, dibanding pendahulunya. Sehingga kini berat total mobil tersebut hanya 1.485 kg.

Lamborghini menagatakan, bahwa pengurangan bobot tersebut dicapai berkat penggunaan beberapa komponen serat karbon di seluruh bagian mobil. Seperti pada panel pintu dan konsol yang mengelilingi tuas transmisi.

Bahan yang sama juga digunakan untuk rangka kursi berdesain racing, yang lantas dibalut kulit Alcantara. Sehingga Gallardo terbaru ini dinobatkan sebagai mobil yang paling ringan diantara jajaran produk lain di segmen sport dengan atap terbuka.

Untuk sumber tenaga, mobil ini menggunakan mesin V10 berkapasitas 5.200 cc, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 570 hp. Lamborghini mengklaim, terjadi peningkatan sekitar 10 hp dibanding model lama, karena selain bobot yang lebih ringan, mobil tersebut menggunakan sistem manajemen mesin yang baru.

Sehingga supercar ini mampu melakukan sprint dari 0 hingga 100 km/ jam hanya dalam waktu 3,9 detik saja dan bila pedal gas terus diinjak, maka mobil tersebut dapat mencapai kecepatan tertinggi hingga 324 km / h

No comments:

Post a Comment